Bukaloka, Inovasi Pemuda Bali Bangkitkan Sektor UKM

Bukaloka, Inovasi Pemuda Bali Bangkitkan Sektor UKM

Di tengah maraknya bisnis online seperti tokopedia, bukalapak, yang ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia, termasuk Bali, Bukaloka.com akan hadir dengan konsep fitur dan layanan yang sangat berbeda dengan marketplace yang sudah beroperasi saat ini yang menjadi perantara transaksi antara penjual dan pembeli.

Salah satu dari beberapa inovasinya, Bukaloka.com akan mampu memberikan jaminan keamanan transaksi langsung antara penjual dan pembeli, sehingga pembeli tidak perlu khawatir untuk bertransaksi langsung dengan penjual.

Program Bukaloka.com masih dalam tahap persiapan. Online market place yang menerapkan inovasi baru dan berbeda dengan pasar online lainnya. Selain itu, Bukaloka.com dirancang oleh generasi muda Bali.

Sehingga dalam beberapa bulan ke depan, Indonesia akan kedatangan inovasi baru yang akan mewarnai ranah bisnis online di Indonesia.

Dengan visi Membuka Jendela Dunia Manfaatkan Peluang lewat Internet, Bukaloka.com akan launching pada Oktober 2016 di Art Center, Denpasar, Bali.

Namun, saat ini sedang dalam tahap pengumpulan UKM-UKM yang ada di seluruh wilayah Bali, terutama di daerah yang belum berkembang dan nantinya akan bisa dikumpulkan kemudian didatangkan pada acara launching. Sementara sudah ada 500 UKM yang tergabung.

“Sebelum launching, kami masih dalam bentuk gerakan sosial untuk menghimpun UKM yang ikut. Tujuannya adalah mereka akan difasilitasi sebuah fasilitas subsidi gratis. Bagaimana para pengelola UKM ini bisa mendapatkan pasar yang lebih luas, dan jutaan calon pelanggan yang ada di seluruh Indonesia,” kata Founder & CEO Bukaloka.com, Aditya Santana, Kamis (12/5).

Hal ini dilakukan karena jika dilihat sekarang ini UKM di daerah yang kurang berkembang sangat sulit untuk memasarkan produknya. Jadi kami dengan kemampuan teknologi dan mereka berkolaborasi.

Sampai saat ini Bukaloka.com sudah melakukan sosialisasi tentang pengenalan apa itu internet, Bukaloka.com, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tekonologi di berbagai wilayah di Bali.

Selain pengenalan internet, masyarakat akan mengetahui manfaat dengan adanya kolaborasi teknologi, dampak untuk bisnis itu sendiri, dan berbagai macam lainnya. Bahkan Bukaloka.com sudah mensosialisasikannya ke Pemerintah Provinsi Bali.

Hal ini disambut baik karena bisnis online ini akan mampu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan UKM Bali.

Karena Bali yang dikenal dengan pariwisata nomer 1 di Asia, sehingga harus ditunjukkan bahwa Bali mempunyai SDM dan generasi muda hebat yang bisa melahirkan perusahaan internet untuk Indonesia.

Teks & foto: bali.tribunnews.com

Baca juga: Launching Bukaloka – Kalender Event Balithisweek